“Traffic Lamp” Melancarkan atau Mengganggu?

Posted: Februari 6, 2011 in Uncategorized

Assalamualaikum Wr.Wb,
Siapa yang tidak tahu dengan Traffic lamp kalo ulun menyebutnya lampu lalu lintas atau lampu merah. Pada dasarnya lampu lalu lintas ini memiliki fungsi yang sangat baik, yaitu sebagai pengganti polisi lalu lintas dalam bekerja mengatur lalu lintas di persimpangan. Apabila ada lampu lalu lintas maka para pengendara motor atau pun mobil bahkan pejalan kaki dapat teratur melewati jalan yang akan di lewati. Hal ini tentu akan berdampak positif bagi pemakai jalan.
Lalu berbeda dengan keadaan yang ada pada lampu lalu lintas di simpang tiga Guntung Manggis Banjarbaru, apa masalahnya? yang jadi masalah sejak lampu lalu lintas itu ada, maka yang terjadi bukan kelancaran tetapi kemacetan. Penyebabnya adalah lampu hijau di jalan utama hanya 60 detik sama dengan lampu yang menyala di jalan persimpangannya. Belum sempat mobil atau pengendara lewat, lampu berwarna merah sudah menyala kembali, sehingga menyebabkan kemacetan sekitar 100 m dari lampu lalu lintas.
Sepertinya kondisi jalan pun belum siap untuk di tempatkannya lampu lalu lintas berda di sana, hal ini kembali lagi pada infrastruktur jalan yang terdapat lubang-lubang pada jalan lampu lalu lintas di sana. Mungkin hal ini juga menjadi salah satu penyebab karena mobil atau motor pada saat lampu hijau bergerak lambat melihat kondisi yang ada. Tapi pada intinya lampu lalu lintas adalah hal yang baik, karena pada hakekatnya tentu saja agar menertibkan para pengendara demi keselamatan bersama.
Namun, alangkah bijaksananya jika pengemasannya lebih akurat, aman dan efektif dari segi pengguna jalan. Sebaiknya pembagian waktu bisa dibagi seadil mungkin berdasarkan tingkat banyaknya pemakai jalan. Semoga yang saya tulis dapat bermanfaat bagi semua. Amin.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Iklan

Silakan komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s