Sejarah Singkat Dewan Kesenian Kota Banjarbaru

Posted: Februari 12, 2011 in Uncategorized

 
Sore tadi saya datang terlambat ke acara rapat Dewan Kesenian Kota Banjarbaru yang kami rencanakan,  hampir semua hadir pada acara tersebut yang memang sesuai rencana yaitu pada tanggal 12 Pebruari 2011 mulai pukul 17.00 s/d 19.00 Wita. Karena saya baru datang sekitar pukul 17.30 Wita, saya agak terkejut melihat teman yang sudah datang. Padahal tidak perlu terkejut karena memang sudah tahu datang terlambat dari yang direncanakan (Aneh). Agenda pertemuan pada kesempatan itu yaitu menyampaikan usulan program dari masing-masing Komisi Bidang Seni.

Sambil yang lain mengetik di laptop, lalu kami panjang lebar bicara mengenai Dewan Kesenian Kota Banjarbaru. Dari pembicaraan yang ada saya mendapatkan informasi tentang sejarah Dewan Kesenian Kota Banjarbaru hingga sekarang.

Sejarah ini bermula sekitar tahun 1992, saat itu Kota Banjarbaru masih berstatus Kota Administratif di bawah Kabupaten Banjar. Ada beberapa seniman Kota Banjarbaru yang berkumpul, diantaranya Bapak Heru (almarhum), Bapak Rusli, S.Pd, S.Ag, Bapak Thamrin (almarhum)dan Bapak Safri Kadir (almarhum). Salah seorang dari seniman tersebut yaitu Bapak Heru berinisiatif, walaupun sebenarnya beliau diberikan mandat oleh Pengurus Tingkat I Dewan Kesenian Propinsi Kalimantan Selatan, untuk mendirikan Dewan Kesenian Daerah Banjarbaru. Perundingan sederhana ini akhirnya tidak sia-sia, dengan dibuktikannya hasil akhir berupa didirikannya Dewan Kesenian Daerah Banjarbaru pada tahun 1992 dengan Ketua Umumnya Bapak Nafsiani Samandi.

Pada masa periode jabatan Nafsiani Samandi, Dewan Kesenian Daerah Banjarbaru sudah aktif di dalam berbagai kegiatan kesenian walaupun masih pemerintahan Kota Administratif Banjarbaru masih berada di bawah pemerintahan Kabupaten Banjar. Periode Dewan Kesenian Daerah Banjarbaru di bawah Nafsiani Samandi berakhir pada tahun 1997.

Dewan Kesenian Daerah Banjarbaru terus mengepakkan sayap-sayap seninya dengan dilanjutkan tongkat estapet dari masa Bapak Nafsiani Samandi ke Bapak Rahmadi, BA sebagai Ketua Umum Dewan Kesenian Daerah Banjarbaru periode kedua selama Dewan Kesenian Daerah Banjarbaru selama berdiri. Pada masa Bapak Rahmadi, BA, Dewan Kesenian juga terus mengekspresikan diri sebagai wadahnya para seniman dalam berkarya. Masa Dewan Kesenian Daerah Banjarbaru berada di bawah Bapak Rahmadi, BA, berakhir hingga tahun 2001.
Karena pada tahun 2000 Banjarbaru melepaskan statusnya sebagai Kota Administratif dan menjadi Kota yang mandiri di Kalimantan Selatan sebagai Kotamadya, maka dimulai pada tahun itu Banjarbaru resmi lepas dari Kabupaten Banjar. Hal ini berdampak langsung pada Dewan Kesenian Daerah Banjarbaru, yaitu dengan dideklarasikannya Dewan Kesenian Kota Banjarbaru sebagai pengganti Dewan Kesenian Daerah Banjarbaru dibawah naungan Ketua Umum Bapak Ir.Noor Syahdi. Bapak Ir.Noor Syahdi menjabat sebagai Ketua Umum hingga periode tahun 2006.

Karena berakhirnya masa bakti Ketua Umum Bapak Ir. Noor Syahdi yang berakhir pada tahun 2006, maka dilakukan musyawarah pemilihan Ketua Umum yang baru. Setelah dilakukan musyawarah akhirnya yang ditetapkan sebagai Ketua Umum Dewan Kesenian Kota Banjarbaru adalah Bapak Drs.Ogi Fajar Nuzuli, M.Pd, MAP. Dengan dipimpin oleh seorang tokoh pemuda, maka Dewan Kesenian Kota Banjarbaru pun seperti memiliki darah segar yang memberi warna pada perjalanannya hingga sekarang. Banyak sekali hasil-hasil kreasi yang telah ditorehkan Dewan Kesenian Kota Banjarbaru pada usia menginjak 18 tahun ini. Sayang, saya lupa bertanya tanggal berapa lebih tepatnya Dewan Kesenian Kota Banjarbaru lahir.

Tapi biar bagaimanapun, harapan saya pada Dewan Kesenian Kota Banjarbaru yang sudah remaja menjelang dewasa, karena paling tidak umur 18 tahun itu sudah memilki KTP (minimal 17 tahun), lebih berekplorasi lagi di dalam berkarya, karena saya yakin melalui kesenian kita dapat mengangkat harkat dan martabat kota kita.

Demikian narasi yang saya tulis, mohon maaf apabila ada salah dalam penulisan. dan saya akhiri dengan Salam Seni Banjarbaru.

Iklan

Silakan komentarnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s